Sabtu, 02 Februari 2013

Bab 5 Asusmsi Dasar, Karakteristik, dan Keberhasilan Program Pendidikan Jasmani



Bab 5
Asusmsi Dasar, Karakteristik, dan Keberhasilan Program Pendidikan Jasmani
Guru sebagai penanggung jawab pendidikan jasmani memiliki beban yang cukup berat, namun cukup menantang dan mulia. Guru penjas di tuntut agar mampu membuat program penjas, menunjukan karakteristik penjas dan mampu melihat program yang diselenggarakannya
1.Asumsi dasar program pendidikan jasmani
Asumsi dasar adalah pijakan yang kokoh dan dapat dipertanggung jawabkan dalam meyelanggarakan sesuatu. Tiga asumsi dasar program pendidikan jasmani meliputi
a)    Program pendidikan jasmani dan program olahraga memiliki tujuan yang berbeda
b)    Anak anak bukanlah miniatur orang dewasa
c)    Anak anak yang kita ajar sekarang tidak akan menjadi dewasa pada kehidupan sekarang
Aktifitas fisik di masa yang akan datang mungkin akan sangat berbeda dengan yang ada jaman sekarang, oleh karena itu selayaknya kita mulai mempersiapkan anak didik dengan keterampilan gerak dasar yang mendorong perbaikan berbagai keterampilan fisik
2.Karakteristik program pendidikan jasmani
Program dan penyelengaraan pendidikan jasmani hendaklah mencerminkan anggapan tersebut diatas. Dua pedoman yang sering digunakan adalah
a)    Developmentally appropriate practices (DAP)
b)    Intructionally appropiate practices (IAP)
3.Keberhasilan program
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan program diperlukan suatu evaluasi. NASPE (National Asosiate for Sport and physical education) sebagai kriteria keberhasilan kedalam lima kategori dan merupakan pencapaian tujuan jangka pendek dan jangka panjang
Konsep inti
*      Para guru hendaknya memahami secara mendalam tentang asumsi dasar karakteristik, dan keberhasilan program pendidikan jasmani
*      Tiga asumsi dasar program penyelengaraan pendidikan jasmani Program pendidikan jasmani dan program olahraga memiliki tujuan yang berbeda, Anak anak bukanlah miniatur orang dewasa, Anak anak yang kita ajar sekarang tidak akan menjadi dewasa pada kehidupan sekarang
*      Karakteristik hendaklah berpedoman pada Developmentally appropriate practices (DAP) Intructionally appropiate practices (IAP)
*      Keberhasilan program pendidikan jasmani akan terlihat pada physically educated person 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar